Seluruh Katalog Harga serta Promo terbaru yang ada di Indonesia untuk Anda semua yang sedang mencari katalog harga dan promo terbaik

Tips dan Trik Membuat Kumpulan Pantun Terlengkap

Tips dan Trik Membuat Kumpulan Pantun Terlengkap - Menulis merupakan kegiatan investasi jangka panjang yang tanpa modal, termasuk menulis pantun sebagai kenangan di masa depan. Pantun yang kini menjadi bualan atau sesuatu yang biasa, itu dapat menjadi hal yang istimewa untuk anda baca di masa depan. Itu bakal menjadi kenang-kenangan yang dapat menghibur anda. Bisa jadi, itu akan mendatangkan uang jika anda mampu mempublikasinnya. Memang, di awal pembuatannya terasa berat, anda harus secara konsisten untuk menghasilkan tulisan pantun.

Anda harus membuat pantun jenaka, pantun humor dan pantun teka-teki di kala anda senang. Anda dapat merencanakan itu sejak sekarang misalkan dengan menulis pantun per harinya atau per dua hari satu pantun. Lebih baik lagi jika anda memiliki blog atau website yang dapat menjadi media anda untuk menuangkannya. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan kumpulan pantun terlengkap.

1. Struktur dan kebahasaan yang ada dalam pantun
Pada dasarnya, anda pun sudah mempelajarinya pada saat anda belajar di sekolah dasar tentang pantun yang bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a dan terdiri dari empat baris. Dari situ anda kembangkan dengan ide-ide anda asalkan tidak merubah kaidah wajib tersebut.

2. Teknik pembuatan pantun
Langkah konkret pembuatannya tidak terlalu sulit. Pertama anda buat  bait sampiran yang terdiri dari dua baris pertama dengan berfokus pada rima di atas. Sajak sampiran ini menjadi sajak pembuka yang tidak mengandung arti, namun hanya berisikan basa-basi belaka. Misalkan saja, kita ambil contoh syair terkenal “kalau ada sumur di ladang, bolehlah saya menumpang mandi” yang mengandung akhiran berbeda, yakni –ang dan i.

Kemudian anda dapat memikirkan bait isi yang berada pada dua baris terakhir, misalnya lanjutan syairnya “kalau ada umur panjang, bolehlah kita berjumpa lagi”. Yang juga mengandung rima sama –ang dan i pada kata panjang dan lagi. Tiba saatnya anda mencoba membuat pantun dimulai dari yang sederhana seperti pantun gombal, pantun nasehat, dan pantun galau. Setelah merasa lihai, baru beranjak melengkapinya dengan pantun cinta romantis yang agak sulit.

Setelah anda memahami bagian-bagian di atas, anda tinggal mengumpulkan setiap hari atau minggunya. Dengan anda sabar dan konsisten untuk menuliskannya, maka itu akan menjadi kenangan yang luar biasa. Apa lagi sampai dibaca banyak orang dengan publikasi yang anda lakukan, itu justru akan menambahkan khasanah keilmuan bagi banyak orang. Kumpulan puisi terlengkap menjadi milik anda yang banyak dibaca dan mendatangkan pembaca atau followers yang banyak bagi anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips dan Trik Membuat Kumpulan Pantun Terlengkap