Seluruh Katalog Harga serta Promo terbaru yang ada di Indonesia untuk Anda semua yang sedang mencari katalog harga dan promo terbaik

Tips Dan Trik Dalam Menyampaikan Kultum Singkat Yang Menarik

Persiapan dan rasa percaya diri menjelang ceramah sangat signifikan untuk dilakukan jika anda diminta  untuk menyampaikan kultum singkat. Apa lagi jika anda merasa kurang materi, itu mengharuskan anda untuk memiliki mental yang kuat. Podium ceramah itu memang hanya sebuah kayu biasa, namun itu dapat membuat anda merasa merinding kebingungan jika anda kurang persiapan. Banyak hal yang dapat anda lakukan dalam upaya mempersiapkan momen berceramah anda untuk menjadi mengesankan. Berikut merupakan tips dan trik yang mujarab untuk anda lakukan.

1. Materi dan kajian keislaman yang mudah dan menarik
Poin pokok dalam ceramah adalah materi tentang keislaman seperti firman, dalil, dan pituah para ulama. Anda dapat mengambil salah satu sisi  dari poin di atas. Buatlah materi yang cocok dengan suasana dan tema yang disediakan. Anda bahas kejadian-kejadian faktual. Ambilah dalil atau firman yang cocok dengan kejadian tersebut. Pastikan bahwa anda menggunakan penyampaian dengan bahasa yang sederhana dalam menyusun materi. Materi yang baik harus mengusung masalah di atas. Jika anda berceramah hanya menyampaikan kejadian-kejadian kehidupan tanpa menyisipkan kajian keislaman berupa tiga poin itu, maka ceramah anda hanya menjadi pidato yang tidak memiliki unsur sakral dan religius.

2. Berlatih pidato sendiri dengan memperhatikan intonasi dan gestur
Persiapan ceramah dapat anda lakukan sendiri di kamar atau di depan cermin. Anda sebaiknya memperhatikan mimik dan gestur anda ketika berlatih. Ulangi beberapa waktu hingga anda menemui ritme dalam membawakannya. Ini menjadi penting karena practice makes perfect. Itu dilakukan untuk melengkapi jam terbang anda karena anda belum memilikinya sehingga dapat digantikan dengan latihan seperti  itu.

3. Menguatkan mental dengan berlatih pernapasan
Mental berbicara di hadapan orang banyak dapat dilakukan dengan berlatih pernapasan dan olah raga. Permasalahannya adalah orang pada normalnya sering mengalami kehabisan napas ketika dalam keadaan nervous. Itu dapat anda atasi dengan melatih pernapasan sehingga napas anda teratur dan kuat. Anda pun tidak mudah gemetar dan merasa grogi.  Disamping itu, berlatih berbicara dengan banyak bertemu dengan rekan dan sahabat  itu juga dapat melatih anda diri anda menjadi lebih percaya diri.

4. Memperhatikan sikap dan suasana pada saat di podium
Sikap anda menjadi  penting untuk diperhatikan. Pertama, bersikaplah rileks dan tenang dengan menebarkan senyuman ramah pada khalayak. Kemudian, berbicaralah sesuai dengan passion dan gaya anda. Pastikan jangan terlalu terpaku dengan gaya orang lain.Jika anda menghadapi grogi di tengah waktu, maka cobalah untuk sedikit bergerak atau dengan menggerakkan kaki. Itu dapat menenangkan anda. Jika anda lupa dengan materi, maka sampaikan seperlunya saja dan jangan terkesan hafalan.

Itu menjadi cara ampuh bagi anda untuk mempersiapkan kultum  singkat anda. Dengan memperhatikan trik di atas, anda dapat tampildi atas podium dengan percaya diri dan penuh pesona. Jika itu anda lakukan berkali-kali secara rutin, itu akan membuat anda hafal dan menjadi profesional.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Dan Trik Dalam Menyampaikan Kultum Singkat Yang Menarik